Minggu, 30 Mei 2010

Uji Coba

KISI-KISI UJI KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL
GURU KELAS SD/MI




A. Memiliki kompetensi pedagogik 1. Memahami peserta didik a. Memahami peserta didik dengan memanfaatkan tahapan perkembangan anak (kognitif, moral, dan sosial) 1) Memerikan tahapan perkembangan berfikir peserta didik.
2) Mengidentifikasi perkembangan berfikir peserta didik.
3) Memerikan tahapan perkembangan moral peserta didik.
4) Mengidentifikasi perkembangan moral peserta didik.
5) Memerikan tahapan perkembangan sosial peserta didik.
6) Mengidentifikasi perkembangan sosial peserta didik.
b. Memahami peserta didik dengan memanfaatkan prinsip-prinsip kepribadian 1) Mendeskripsikan prinsip-prinsip kepribadian.
2) Mengidentifikasi prinsip-prinsip kepribadian peserta didik.
c. Mengidentifikasi bekal-ajar awal peserta didik 1) Menentukan tingkatan penguasaan kompetensi prasyarat peserta didik.
2) Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik.
3) Mengidentifikasi tugas-tugas perkembangan sosial kultural untuk memahami peserta didik.
4) Mengidentifikasi gaya belajar (visual, auditif, dan/atau kinestetik) untuk memahami peserta didik.
2. Merancang pembelajaran a. Menerapkan teori belajar dan pembelajaran 1) Mendeskripsikan teori belajar yang melandasi pembelajaran: behavioristik, konstruktivistik, humanisme, sosial, atau teeori lain yang diketahui.
2) Menerapkan teori belajar tertentu dalam merancang pembelajaran fakta, konsep, prosedur, prinsip, dan generalisasi pada lima mata pelajaran di SD/MI.
b. Menentukan strategi pembelajaran berdasarkan karakteristik peserta didik, kompetensi yang ingin dicapai dan materi ajar 1) Mendeskripsikan berbagai strategi pembelajaran.
2) Memilih strategi pembelajaran dikaitkan dengan karakteristik peserta didik, kompetensi yang ingin dicapai, dan materi ajar lima mata pelajaran di SD/MI.
c. Menyusun rancangan pembelajaran berdasarkan strategi yang telah dipilih 1) Menyusun silabus.
2) Memilih dan menetapkan indikator hasil belajar.
3) Merancang kerangka pengalaman belajar (tatap muka, terstruktur, dan mandiri) untuk mencapai kompetensi.
4) Memilih dan mengorganisasikan materi dan bahan ajar.
5) Memilih dan merancang media dan sumber belajar yang diperlukan.
6) Membuat rancangan evaluasi proses dan penilaian hasil belajar.
3. Melaksanakan pembelajaran a. Menata latar (setting) pembelajaran 1) Menata setting pembelajaran dengan cara memanfaatkan semua unsur pembelajaran yang ada di kelas secara tepat guna .
2) Memanfaatkan setting untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.
3) Memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar.
b. Melaksanakan pembelajaran yang kondusif 1) Memotivasi peserta didik melakukan berbagai kegiatan pembelajaran yang bersifat interaktif.
2) Menjelaskan materi bidang studi.
3) Memfasilitasi peserta didik untuk melakukan berbagai kegiatan belajar.
4) Memberi penguatan (reinforcement) dalam pembelajaran.
5) Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk merefleksikan pengalaman belajar yang telah dialaminya.
4. Evaluasi hasil belajar a. Melaksanakan penilaian (asesmen) proses dan hasil belajar secara berkesinam-bungan dengan berbagai metode 1) Melaksanakan penilaian proses secara berkesinambungan dengan metode tes dan non tes (portofolio, self appraisal).
2) Melaksanakan penilaian hasil belajar secara berkesinambungan dengan metode tes dan non tes (portofolio, self appraisal).
b. Menganalisis hasil penilaian proses dan hasil belajar untuk menentukan tingkat ketuntasan belajar (mastery level). 1) Menganalisis hasil penilaian proses belajar.
2) Menganalisis hasil penilaian-hasil belajar.
3) Menginterpretasi hasil analisis.
4) Menggunakan hasil analisis untuk menentukan ketuntasan belajar.
c. Menggunakan informasi ketuntasan belajar untuk merancang program remedi atau pengayaan (enrichment). 1) Menentukan posisi peserta didik dilihat dari ketuntasan belajar yang telah ditetapkan.
2) Merancang program remedi bagi peserta didik yang di bawah ketuntasan belajar minimal.
3) Merancang program pengayaan bagi peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal.
d. Memanfaatkan hasil penilaian pembelajaran untuk perbaikan kualitas program pembelajaran secara umum. 1) Menganalisis kekuatan dan kelemahan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2) Menentukan bagian-bagian pembelajaran yang memerlukan perbaikan.
3) Merancang langkah-langkah perbaikan pembelajaran.
4) Melaksanakan langkah-langkah perbaikan pembelajaran yang telah dirancang melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
5. Pengembangan peserta didik a. Memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan berbagai potensi akademik 1) Membimbing peserta didik mengembangkan karya kreatif dan inovatif.
2) Membimbing peserta didik mengembangkan bakat dan minat.
3) Mendorong peserta didik untuk melakukan proses belajar lanjut.
b. Memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan berbagai potensi non akademik 1) Membimbing peserta didik mengembangkan iman dan taqwa.
2) Membimbing peserta didik mengembangkan pengendalian emosional.
3) Membimbing peserta didik mengembangkan keterampilan sosial.
B. Memiliki kompetensi profesional sebagai pendidik 6. Menguasai lima mata pelajaran di SD/MI secara luas & mendalam a. Menguasai konsep dasar pembelajaran tematis 1) Mendeskripsikan hakekat pembelajaran tematis.
2) Mengidentifikasi landasan pembelajaran tematis.
3) Menjelaskan prinsip-prinsip pembelajaran tematis.
4) Membedakan ragam bentuk dan model pembelajaran tematis.
5) Mengidentifikasi langkah-langkah pembelajaran tematis.
b. Memahami materi ajar yang ada dalam kurikulum SD/MI 1) Menjelaskan karakteristik dan substansi materi ajar 5 mata pelajaran.
2) Menganalisis cakupan dan tata urutan materi ajar 5 mata pelajaran sesuai tingkatan kelas.
3) Menganalisis isi buku-buku teks 5 mata pelajaran.
4) Menentukan buku-buku teks 5 mata pelajaran.
5) Memanfaatkan informasi buku teks materi ajar 5 mata pelajaran untuk penyusunan silabus.
c. Memahami struktur, konsep, dan metode keilmuan Bahasa Indonesia SD/MI 6) Merumuskan hakikat bahasa dan hakikat pembelajaran bahasa Indonesia.
7) Menganalisis materi ajar bahasa Indonesia SD/MI atas keterampilan berbahasa Indonesia, apresiasi sastra, kebahasaan dan kosa kata.
8) Menguraikan cakupan materi ajar keterampilan berbahasa Indonesia yang terdiri atas menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.
9) Menguraikan cakupan materi ajar kebahasaan sebagai pendukung keterampilan berbahasa Indonesia.
10) Menguraikan cakupan materi ajar kosa kata sebagai pendukung keterampilan berbahasa Indonesia.
11) Menguraikan cakupan materi ajar apresiasi sastra anak.
12) Mengidentifikasi metode pembelajaran membaca permulaan.
13) Mengidentifikasi metode pembelajaran menulis permulaan.
14) Menemukan isi atau pesan pokok wacana lisan monolog dan dialog dalam kehidupan sehari-hari, seperti berita, iklan, pidato, pengumuman, petunjuk, dan sejenisnya.
15) Menemukan isi atau pesan pokok dalam wacana naratif seperti cerita rakyat, cerita anak, puisi, drama anak.
16) Menentukan ciri atau karakteristik empat jenis wacana bahasa Indonesia (deskripsi, narasi, argumentasi, dan eksposisi).
17) Mengidentifikasi unsur, struktur, dan ciri-ciri karya ilmiah sederhana (laporan, makalah, artikel).
18) Mengidentifikasi unsur instriksik, struktur, dan ciri-ciri karya sastra (prosa, puisi, drama).
19) Menjelaskan perkembangan komunikasi awal anak.
20) Memberi contoh tuturan dari tiap tahapan perkembangan komunikasi awal anak.
d. Memahami struktur, konsep, dan metode keilmuan Matematika SD/MI 1) Menjelaskan pengertian dan tahapan pemecahan masalah.
2) Menerapkan konsep operasi hitung pada bilangan cacah.
3) Menerapkan konsep KPK dan FPB pada penyelesaian masalah.
4) Mengaitkan rusuk-rusuk bangun ruang beraturan.
5) Menguraikan konsep bilangan rasional.
6) Menguraikan sifat pembagian pada bilangan asli.
7) Menguraikan konsep kelipatan dan faktorisasi.
8) Menyajikan konsep operasi pada bilangan rasional (pecahan) melalui media.
9) Menentukan nilai rata-rata dari sekumpulan data tunggal.
10) Menguraikan konsep luas daerah segi empat beraturan.
11) Menerapkan pengertian nilai mutlak.
12) Mengaitkan hubungan antar volume pada berbagai bangun ruang beraturan.
13) Menentukan nilai rata-rata dari sekumpulan data kelompok.
14) Menentukan pernyataan dimensi luas dari penyajian rangkaian segi empat beraturan.
15) Menyelesaikan soal yang menerapkan perbandingan.
16) Menguraikan beraneka strategi pemecahan masalah.
17) Menentukan panjang dari seluruh rusuk dari dua bangun ruang beraturan yang diketahui perbandingan volumenya.
18) Menguraikan konsep operasi hitung pada bilangan cacah.
19) Menjelaskan hakikat pembelajaran matematika di SD.
20) Mengembangkan indikator dari pencapaian siswa pada hasil belajar matematika.
1) Memahami struktur, konsep, dan metode keilmuan Ilmu Pengetahuan Alam SD/MI 21) Terampil melakukan kerja ilmiah.
22) Mendeskripsikan bagian-bagian penyusun tumbuhan berdasarkan hasil pengamatan ( ciri-ciri morfologi, fungsi, jaringan penyusun dan cirinya).
23) Mendeskripsikan proses-proses fotosintesis serta fungsinya bagi tumbuhan (komponen, tahap reaksi, merancang percobaan, manfaat).
24) Mendeskripsikan proses pencernaan pada manusia (organ, kelenjar dan penyusun pencernaan, pencernaan secara kimiawi dan mekanik, gangguan pencernaan).
25) Mendeskripsikan proses peredaran darah pada manusia (komponen penyusun sistem pencernaan, proses peredaran darah, kelainan dan gangguan).
26) Mendeskripsikan proses pernapasan pada manusia (organ dan struktur organ pernapasan, proses pengangkutan udara).
27) Mendeskripsikan sistem gerak yang terjadi pada manusia ( komponen struktur, organisasi otot dan rangka, proses fisiologi dan kimiawi kontraksi otot; gangguan sistem gerak).
28) Mendeskripsikan reseptor pada tubuh manusia beserta fungsinya.
29) Mendeskripsikan proses pengangkutan zat yang terjadi pada tumbuhan ( difusi, osmosis, transport aktif, macam-macam pengangkutan, faktor yang berpengaruh terhadap kecepatan pengangkutan).
30) Mendeskripsikan hewan invertebrata dan vertebrata beserta contohnya.
31) Melakukan pengukuran terhadap berbagai besaran dengan alat ukur yang tepat.
32) Mendeskripsikan materi dan perubahannya (unsur, senyawa, campuran).
33) Membedakan gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan dalam kehidupan sehari-hari.
34) Mengidentifikasi jenis-jenis gaya dan pengaruhnya dalam kehidupan sehari-hari.
35) Menerapkan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
36) Mendeskripsikan prinsip pemuaian dalam kehidupan sehari-hari.
37) Mendeskripsikan peran kalor dalam mengubah suhu dan wujud benda
38) Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya.
39) Menerapkan konsep kelistrikan kemagnetan.
40) Menerapkan konsep energi dan daya listrik dalam kehidupan sehari-hari.
2) Memahami struktur, konsep, dan metode keilmuan Pendidikan Kewarganegaraan dan Pengetahuan Sosial (PKPS) SD/MI 1) Mendeskripsikan peranan Pancasila dalam dinamika kehidupan masyarakat Indonesia (cita-cita, nilai, konsep, norma, dan moral).
2) Mendeskripsikan makna demokrasi konstitusional Indonesia.
3) Menjelaskan makna nasionalisme bagi bangsa Indonesia.
4) Menjelaskan makna HAM dalam konteks kehidupan masyarakat Indonesia.
5) Meyakini pentingnya perlindungan dan penegakan hukum di Indonesia.
6) Mendeskripsikan kaitan antara kewarganegaraan Indonesia dalam konteks kewarganegaraan dunia.
7) Memerankan warga negara dalam konteks kehidupan masyarakat Indonesia yang pluralistik.
8) Mendeskripsikan cara mengembangkan kelas, sekolah, dan lingkungan sebagai sumber belajar.
9) Mendeskripsikan cita-cita, nilai, konsep, dan prinsip mengenai kebudayaan dalam konteks kebhinnekaan masyarakat Indonesia dan dinamika kehidupan global.
10) Mendeskripsikan cita-cita, nilai, konsep, dan prinsip mengenai ruang dan waktu dalam konteks kebhinnekaan masyarakat Indonesia dan dinamika kehidupan global.
11) Mendeskripsikan cita-cita, nilai, konsep, dan prinsip mengenai interaksi antara manusia dan lingkungan dalam konteks kebhinnekaan masyarakat Indonesia dan dinamika kehidupan global.
12) Menjelaskan fenomena interaksi perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan perkembangan masyarakat, serta saling ketergantungan global.
13) Memanfaatkan peta, atlas, bola dunia, data dan informasi, serta media massa dalam memecahkan masalah dan mengambil keputusan sosial kultural dalam kehidupan sehari-hari.
14) Membiasakan diri bersikap peka, tanggap, dan adaptif tetapi kritis terhadap lingkungan sekitar guna memelihara dan memanfaatkan sumber daya alam serta mengembangkan kehidupan yang sejahtera dan harmonis dalam kebhinnekaan.
15) Memerankan individu warga masyarakat yang kritis dan kreatif melalui berbagai simulasi dan pelibatan sosial dalam menangani masalah-masalah sosial dalam kehidupan.
3) Memahami hubungan konsep antarmata-pelajaran SD/MI 1) Mengaitkan materi antar mata pelajaran.
2) Mengaitkan materi mata pelajaran dengan kehidupan sehari-hari siswa.
4) Menerapkan konsep-konsep keilmuan dalam kehidupan sehari-hari Menerapkan konsep-konsep keilmuan mata pelajaran untuk memcahkan permasalahan sehari-hari siswa.
Keterangan:
1. Kompetensi kepribadian dan sosial tidak termasuk dalam kisi-kisi ini dan akan diujikan dengan cara lain.
2. Kisi-kisi ini belum final (perlu merujuk rumusan standar kompetensi dari BSNP).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar